Jumat, 07 Mei 2010

Psikologi

Menurut asalnya katanya, psikologi berasal dari bahasa Yunani. Yang artinya ilmu jiwa. Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dalam hubungan dengan lingkungannya.Akan tetapi, Tidak ada seseorangpun yang sebenarnya dapat mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan ilmu jiwa. Sehingga menimbulkan berbagai banyak pendapat mengenai definisi ilmu jiwa. ilmu jiwa dalam bahasa arab yang berarti “nafs” mengandung arti, diantaranya :

1. Hati (Qalb), yang berbunyi “Tuhanmu lebih mengetahui apa yang telah ada dalam hatimu”

2. Jenis (Jins), yang berbunyi “ telah datang Rasul dari golongan kamu”

3. Ruh, yang berbunyi “ Allah yang memanfaatkan ruh saat kematian”

4. Totalitas manusia, yang berbunyi “ setiap manusia merasakan maut”

5. Sisi dalam (jiwa) manusia dan sebagai penggerak dari tingkah laku, yang berbunyi : “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah suatu keadaan kaumnya, sebelum kaumnya mau mengubah keadaan mereka sendiri”.

Sejarah Psikologi

Sebagai bagian dari ilmu pengetahuan, psikologi melalui sebuah perjalanan panjang. Bahkan sebelum Wundt mendeklarasiikan laboratoriumnya tahun 1879 – yang dipandang sebagai kelahiran psikologi sebagai ilmu – pandangan tentang manusia dapat ditelusuri jauh ke masa Yunani kuno. Dapat dikatakan bahwa sejarah psikologi sejalan dengan perkembangan intelekstual di Eropa, dan mendapatkan bentuk pragmatisnya di benua Amerika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar