Selasa, 09 November 2010

Makalah Psikologi dan Teknologi Internet





Makalah Psikologi dan Teknologi Internet

Psikologi dan Teknologi Internet

Makanan Cepat Saji (McDonalds )



Disusun Oleh :

Siti Utami

13509449

i

Kata Pengantar

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT. bahwa kami telah menyelesaikan tugas mata pelajaran Psikologi Dan Teknologi Internet dengan membahas “ MOTIVASI “ dalam bentuk makalah ini.

Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang kami hadapi. Namun kami menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dosen kami, dorongan dan bimbingan orang tua, kakak, sehingga kendala-kendala yang kami hadapi teratasi. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada :

  1. Ibu Dosen yang telah memberikan tugas, petunjuk, kepada kami sehingga kami termotivasi dan menyelesaikan tugas ini.
  2. Orang tua dan kakak yang telah turut membantu, membimbing, dan mengatasi berbagai kesulitan sehingga tugas ini selesai.

Semoga materi ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan termotivasi untuk menjadi lebih maju dan lebih baik.

Bogor, 08 November 2010

Penulis



ii


Daftar Isi

Kata Pengantar ....…….………......i

Daftar Isi .................................ii

Bab I

Pendahuluan ...........................1

Bab II

Pembahasan ............................4

Sejarah Wirausaha Ray Kroc

Bab III Kesimpulan ...................5

Motivasi ...........…..…………………5

Daftar Pustaka ............…..........5

Lampiran ................................6


1

Bab I

Pendahuluan

Pengertian “Motivasi” itu sendiri yaitu proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya Tiga elemen utama dalam definisi ini adalah intensitas, arah, dan ketekunan. Terdapat beberapa teori yang menjelaskan tentang motivasi salah satunya adalah hierarki teori kebutuhan milik Abraham Maslow. Ia membuat hipotesis bahwa dalam setiap diri manusia terdapat hierarki dari lima kebutuhan, yaitu fisiologis (rasa lapar, haus, seksual, dan kebutuhan fisik lainnya), rasa aman (rasa ingin dilindungi dari bahaya fisik dan emosional), sosial (rasa kasih sayang, kepemilikan, penerimaan, dan persahabatan), penghargaan (faktor penghargaan internal dan eksternal), dan aktualisasi diri (pertumbuhan, pencapaian potensi seseorang, dan pemenuhan diri sendiri).

Maslow memisahkan lima kebutuhan ke dalam urutan-urutan. Kebutuhan fisiologis dan rasa aman dideskripsikan sebagai kebutuhan tingkat bawah sedangkan kebutuhan sosial, penghargaan, dan aktualisasi diri sebagai kebutuhan tingkat atas. Perbedaan antara kedua tingkat tersebut adalah dasar pemikiran bahwa kebutuhan tingkat atas dipenuhi secara internal sementara kebutuhan tingkat rendah secara dominan dipenuhi secara eksternal. Teori kebutuhan McClelland dikembangkan oleh David McClelland tiga kebutuhan yang didefinisikan sebagai berikut yaitu :

kebutuhan pencapaian: dorongan untuk melebihi, mencapai standar-standar, berusaha keras untuk berhasil.

kebutuhan kekuatan: kebutuhan untuk membuat individu lain berperilaku sedemikian rupa sehingga mereka tidak akan berperilaku sebaliknya.

kebutuhan hubungan: keinginan untuk menjalin suatu hubungan antarpersonal yang ramah dan akrab

Dan Motivasi diri berawal dari dorongan keyakinan dalam diri sendiri untuk menang. Ini dibentuk oleh cita-cita dan impian besar yang akan memotivasi orang untuk meraihnya. Dalam hubungan antara motivasi dan intensitas, intensitas terkait dengan dengan seberapa giat seseorang berusaha, tetapi intensitas tinggi tidak menghasilkan prestasi kerja yang memuaskan kecuali upaya tersebut dikaitkan dengan arah yang menguntungkan organisasi. Sebaliknya elemen yang terakhir, ketekunan, merupakan ukuran mengenai berapa lama seseorang dapat mempertahankan usahanya.


2

Bab II

Pembahasan

Sejarah Wirausaha Ray Kroc

Ray Kroc (5 Oktober 1902 - 14 Januari 1984) adalah seorang pengusaha yang membeli McDonald's Corporation pada tahun 1955, dan menjadikannya sebagai restoran cepat saji terbesar di dunia. Kroc termasuk salah satu dari 100 orang pendiri dan raksasa industri yang paling berpengaruh versi majalah Time. Kroc juga merupakan pemilik tim baseball San Diego Padres yang berdiri sejak 1974. Namun itu semua tidak sekejap di dapat oleh Ray Kroc awal mula perjalanan Kroc dimulai dari supir ambulance Palang Merah ketika itu Kroc baru berumur 15 tahun terpaksa kroc berbohong karna batas minimal untuk masuk Palang Merah adalah 17 tahun dan bertemu dengan Walt Disney animator AS. Setelah perang berakhir, ia mencoba berbagai usaha untuk mendapatkan uang, hingga akhirnya ia memutuskan untuk menjadi seorang salesman produk yang ditawarkannya adalah gelas kertas, kroc memberikan kontribusi yang sangat besar dalam perkembangan perusahaan ini, ia pun terpilih menjadi salah satu karyawan terbaik di perusahaan. Dalam usahanya menjual gelas kertas, ia bertemu dengan Earl Prince, penemu mixer yang dapat digunakan untuk membuat milkshake.

Pada saat itu tidak lama, penjualan gelas kertas milik perusahan kroc mengalami penurunan sehingga manajemen terpaksa memotong gajinya sekitar 10%. Kroc tidak menerima karena ia bekerja lebih keras dibandingkan dengan yang lain. Perusahan pun mengabulkan keinginan Kroc. Namun manajemen memotong gaji anak buah Kroc. Kroc tidak terima dan ia memutuskan untuk keluar dari perusahaan. Kroc berupaya mencari pekerjaan dan berusaha mencari peluang bisnis lain lalu kroc menemui Earl Prince, yang pernah ditemui ketika kroc berjualan gelas kertas akhirnya mereka pun bekerja sama . Dan kroc diberikan hak eksklusif oleh earl prince untuk memasarkan formula milkshake. Dalam waktu 15 tahun kroc berhasil memasarkan produk ini keseluruh Amerika.

Ketika menjual milkshake ia menyadari bahwa pelanggan terbesarnya adalah dari sebuah restoran yang berpusat di California, yang dimiliki McDonald bersaudara ia pun pergi ke California untuk melihat bisnis pelanggannya itu. Di sana, ia menemukan bahwa restoran milik McDonald bersaudara telah berhasil mengadopsi sistem lini perakitan untuk membuat burger dan sandwich mereka. Namun sang pemilik, yaitu McDonald bersaudara, tidak memiliki keinginan untuk mengembangkannya lebih jauh. Ray Kroc kemudian mengajukan diri untuk menjadi terwaralaba bagi McDonald. Pada tahun 1954, awal karier kroc menjual hidangan cepat saji. Ray Kroc membuka McDonald's pertamanya di Des Plaines, Illinois . Pada tahun 1961 ia berhasil membeli McDonald's Corporation seharga $2.7 juta dari McDonald bersaudara. Karier kroc semakin sukses tetapi kesuksesan kroc tak sebanding karena kesehatan kroc semakin melemah karena ia menderita diabetes dan arthritis.

Tidak disitu saja kroc pun mendirikan Franchise Reality Corporation yang bertugas membeli tanah dan menjualnya ke franchisee McDonald's dengan sistem kredit. Akhir 1961, Ray Kroc mulai merekurt franchisee secara besar-besaran. Strateginya berhasil, profit perusahaan meningkat. Besarnya pendapatan yang didapatkan McDonald's mengakibatkan naiknya saham perusahaan di pasar finansial. Modal yang didapatkannya dari pasar finansial kemudian digunakannya untuk menciptakan kampanye iklan yang berfokus memperkenalkan maskot perusahaan—Ronald McDonald.

Meskipun restoran cepat-saji McDonald's sudah tersebar ke seluruh negeri, Ray Kroc kurang puas dan berniat mengembangkan pasar ke luar negeri. Ia kemudian membuka cabang di lebih dari 65 negara. Di pasar luar negeri, McDonald's menyesuaikan diri dengan budaya setempat. Misalnya, agar nama restoran mudah diucapkan oleh konsumen Jepang, nama McDonald's diubah menjadi Makudonaldo. Di India dan Timur Tengah, daging babi tidak dimasukan ke dalam menu.

Pada tahun 1974, Ray Kroc membeli tim baseball San Diego Padres dan membatalkan rencana mereka untuk pindah ke Washington, D.C. Ray Kroc meninggal tahun 1984 pada usia 81 tahun, hanya sepuluh bulan sebelum McDonalds menjual hamburger ke 50 milyar-nya.


4

Bab III

5

Kesimpulan

Motivasi

Ray Kroc adalah Pengusaha dan Pekerja keras yang tidak pernah putus asa dalam berusaha untuk menjadi lebih baik dan sukses berbagai macam pekerjaan sudah dilakoni oleh kroc dari supir ambulance, kemudian menjadi salesmen penjual gelas kertas dan ketidak adilan pun pernah dilaminya walaupun begitu ia tidak begitu memikirkannya lalu ia berusaha bagaimana untuk mencari pekerjaan untuk menopang hidupnya berbagai cara, usaha pun telah dijalaninnya. Pada ahkirnya ia bertemu dengan Earl Prince penemu mixer yang dapat digunakan untuk membuat milkshake.

lalu bekerja sama dengan beliau semangat juang kroc masi berkobar pada diri beliau. Ia berusaha untuk lebih maju dengan memasarkan produk milksake ke berbagai negara. Usahanya pun berhasil, tidak puas kroc pun menambah bisnisnya ke makanan cepat saji yang dimiliki oleh McDonald bersaudara pada akhirnya ia membeli saham McDonald bersaudara. Tidak disitu kroc pun menambah bisnisnya diberbagai macam usahanya. Ray Kroc adalah Pengusaha restoran cepat saji terbesar di dunia sekaligus pemilik tim baseball San Diego Padres. Kerja keras kroc selama ini membawa hasil yang sangat segnifikan dan ia dinobatkan sebagai salah satu dari 100 orang pendiri dan raksasa industri yang paling berpengaruh versi majalah Time.

Manusia kreatif termotivasi oleh keinginan mencapai sesuatu,
bukan oleh keinginan untuk mengalahkan yang lain
(Ayn Rand, 1905 – 1982, penulis AS kelahiran Rusia)

5

DAFTAR PUSTAKA

http://id.wikipedia.org/wiki/Ray_Kroc

http://id.wikipedia.org/wiki/Motivasi

http://management06.wordpress.com/2007/07/18/motivasi-diri-dengan-hati/ pengertian motivasi diri

http://www.suparlan.com

6

LAMPIRAN

Roy Kroc

Restoran McDonalds pertama yang dibangun oleh Ray Kroc.

1 komentar:

  1. bu maaf baru sy link ke studentsite tugasnya, dari kemarin studentsitenya susah buat login nya.

    BalasHapus