Selasa, 02 November 2010

Bakso hidangan kuliner yang sangat merakyat









Bakso adalah makanan yang sangat merakyat dikalangan semua masyarakat dan hidangan kuliner ini bermacam – macam jenisnya .

Makanan ini tidak sedikit orang menyukainya bahkan dikalangan bawah , menengah atau keatas pun gemar dengan menu hidangan tersebut karena berbagai macam rasa yang dihidangkannya , setiap daerah memiliki ciri khas kuliner yang bermacam - macam termasuk hidangan bakso.

Sedikit sejarah tentang hidangan lezat ini (bakso), kebanyakan orang belum mengetahui tetntang sejarah bakso yang mereka tahu yaitu cara pembuatanya & pengolahanya. Awal mula bakso yaitu berasal dari bahasa china yang terdiri dari 2 kataBak + So. Dimana Bak artinya daging babi dan So itu Mie + Sup kemudian di indonesia sendiri daging babi itu dirubah menjadi daging sapi atau ikan dan daging ayam tapi tetap menggunakan kata Bak.

Bahan untuk membuat bakso yaitu relative mudah pada dasarnya pembuatan bakso sama saja namun cara menghidangkan , bumbu – bumbu racikannya yang membedakan & asal bakso daerah trsebut.

Bahan utamanya yaitu daging atau sebagai penggantinya boleh ikan atau daging ayam, tepung lalu sagu secukupnya dan bumbu – bumbu kemudian bahan tersebut diolah oleh mesin penggiling bahan tersebut disatukan hingga menjadi satu tidak lupa diberi es agar adonan tersebut tidak lengket. Cara memasaknya beragam, ada model bakso kuah, goreng , bakso bakar dan berbagai macam olahan , bakso juga tidak berbentuk bulat saja tetapi sekarag banyak berbagai model seperti bakso kotak , bakso candi – candi dan berbgai bentuk bakso lainnya. Isi bakso tersebut biasanya terdapat telor, daging yang dihaluskan dan terkadang urat yang biasa disebut bakso urat bahkan masih banyak lagi , karena untuk memikat para pembeli.

Contoh jenis bakso yang berasal dari daerah yaitu bakso malang bahan dan cara pembuatannya sama namun cara penyajikannya berbeda menggunakan mie kuning,krupuk pangsit .









Dan banyak macam - macam baso yang berasal dari daerah seperti bakso Solo. Sekarng bakso sudah mulai dirawarkan dalam bentuk frozen yang dijual di super maket, sawalayan dan toko - toko besar. contoh bakso yang di tawarkan oleh super market :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar