Kamis, 24 Maret 2011

Kepribadian Sehat Psikoanalisa dan Behavioristik

Kepribadian Sehat adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomi.

Kepribadian sehat terbagi dari 3 aliran Psikologi yaitu :

1. Psikoanalisa

2. Behavioristik

3. Humanistik

1. Kepribadian sehat psikoanalisa yaitu cabang ilmu yang dikembangkan oleh Sigmund Freud dan para pengikutnya, sebagai studi fungsi dan perilaku psikologis manusia.

Teori kepribadian dengan pendekatan psikodinamika dipengaruhi oleh Sigmund Freud (1856-1939), Bapak Psikoanalisa. Aliran ini melihat dari sisi negatif individu, masa lalu, analisis mimpi (jalan istimewa menuju ketidaksadaran), dan juga alam bawah sadar, yang tersusun dari 3 sistem pokok yaitu: id, ego, dan superego.

Kepribadian menurut psikoanalisa terdiri dari :


- Manusia pada dasarnya ditentukan oleh energi psikis dan pengalaman-pengalaman dini

- Manusia sebagai homo valens dengan berbagai dorongan dan keinginan

- Motif-motif dan konflik tak sadar adalah sentral dalam tingkah laku sekarang

- Manusia didorong oleh dorongan seksual agresif

- Perkembangan dini penting karena masalah-masalah kepribadian berakar pada konflik-konflik masa kanak-kanak yang
direpresi.

konsep dari teori Freud yang memperlihatkan peran dari dorongan-dorongan tak radar dan konflik-konflik batin manusia dalam menyebabkan bermacam-macam gangguan kepribadian. Penjelasan-penjelasan tentang kepribadian yang diutarakan oleh psikoanalisis mengemukakan bahwa kehidupan mental seorang individu khususnya cara-cara kerja dari alam tak sadar menjelaskan banyak segi tingkah lakunya.

Dan apa yang dibuat seseorang terhadap dirinya dari masa bayi sampai masa dewasa sebagian besar tergantung pada kemampuannya untuk mengendalikan energi-energi psikis yang dimilikinya. Karya dari kelompok psikoanalis ini merubah secara besar-besaran perawatan terhadap orang-orang yang menderita konflik-konllik batin yang berlangsung lama dan kecemasan-kecemasan kronis yang berlebih-lebihan.

2. Kepribadian sehat behavioristik yaitu Aliran yang sering dikaitkan sebagai aliran ilmu jiwa namun tidak peduli pada jiwa. Pada akhir abad ke-19, Ivan Petrovic Pavlov memulai eksperimen psikologi yang mencapai puncaknya pada tahun 1940 – 1950-an. Di sini psikologi didefinisikan sebagai sains dan sementara sains hanya berhubungan dengan sesuatu yang dapat dilihat dan diamati saja. Sedangkan ‘jiwa’ tidak bisa diamati, maka tidak digolongkan ke dalam psikologi.

Aliran ini memandang manusia sebagai mesin (homo mechanicus) yang dapat dikendalikan perilakunya melalui suatu pelaziman (conditioning). Sikap yang diinginkan dilatih terus-menerus sehingga menimbulkan maladaptive behaviour atau perilaku menyimpang.


Kepribadian menurut behavioristik terdiri dari :

- Sifatnya mekanis mementingkan masa lalu
- Semua bentuk tingkah laku di kembalikan pada reflek.
- Mementingkan pembentukan kebiasaan.

3. Kepribadian menurut Humanistik yaitu suatu jenis individu yang berbeda dari apa yang digambarkan oleh behaviorisme dan psikoanalisa, yaitu bentuk-bentuk psikologi tradisional. Aliran ini menganggap setiap orang memiliki kemampuan untuk lebih baik.




http://konselingindonesia.com/

http://m.gudangmateri.com/

http://www.psikologimania.com

1 komentar: