Selasa, 26 Oktober 2010

Fenomena sosial dimasyarakat


Fenomena sosial dimasyarakat
Pengaruh trendsetter model pada masa kini


Pengaruh trendsetter model pada masyarakat tidak terlepas dari globalisasi.
Globalisasi yaitu memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan dan antar manusia diseluh dunia melalu perdagangan , investasi, perjalanan budaya yang sedang popular dam bentuk – bentuk interaksi yang lain sehingga batas – batas suatu Negara menjadi semakin sempit .
Sedangkan gaya hidup yaitu suatu gambaran seseorang dalam mengekploriasi dirinya menurut susanto (dalam Nugrahani 2003) gaya hidup adalah perpaduan antara kebutuhan ekpresi diri dan harapan kelompok terhadap seseorang dalam bertindakberdasarkan pada norma yang berlaku. Saat ini banyak sekali perkembangan pada masyarakat dalam penampilan ataupun prilaku pun . contohnya dalam berbusana :
Perkembangan pada fashion , remaja selalu mengikuti perkembangan trendsetter terlebih jaman semakin modern koleksi pakain atau semacamnya dengan mudah dilihat berbagai situs dari internet , catalog & browsing – browsing dll.
Bahkan majalah khusus fashion pun tersedia dengan mudah para remaja pun mengekploriasi dirinya dengan penampilanny berbagai model pun ada seperti : harajuku style , punk rock style dll conroh tersebut hanya beberapa yang banyak di gemari oleh remaja saat ini .
Tidak heran remaja berani mengeluarkan bujet hingga lebih dari uang sakunya hanya untuk sekedar fashion .
Dampak negative fashion pada remaja
Remaja lebih suka dengan produk luar negri dibandingkan produk dalam negri sendiri dengan begitu perlahan remaja melupakan kebudayaan bangsa sendiri & akan semakin tenggelam oleh jaman.
Dengan adanya masalah ini bangsa Indonesia telah kehilangan seni , budaya & tradisi yang sudah melekat akibat pengaruh globalisasi, agar tidak kehilangan norma & kebudayaan bangsa, warga indonesia harus menanamkan rasa cinta tanah air serta cinta kepada produk Indonesia bukan itu saja tetapi norma , nilai – nilai serta kebudayaannya agar tidak tenggelam begitu saja & dicopas oleh bangsa lain , yang sekarang – sekarang didebatkan oleh negara tetangga sebelah memperebutkan kebudayaan Indonesia . Pemerintah juga harus ikut berperan dalam menagani hal tersebut dengan membatasi impor dari produk luar agar produk dalam negri di gemari oleh rakyatnya & banyak peminatnya dengan begitu bangsa indonesia tidak merugi & bisa mempertahankan kenudayaan bangsa sendiri ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar