Actuating adalah proses menggerakan
atau memotivasi anggota agar bersemangat dan gerak untuk bekerja dalam rangka
mencapai tujuan (suparmoko,2006)
Menurut Umar (2000) Dalam bahasa
inggris ada lima
istilah yang artinya hampir sama maknanya berbeda untuk pengertian
“menggerakan orang lain” seperti :
1) Directing yakni menggerakan orang lain
dengan memberikan berbagai pengarahan
2) Actuating, yakni menggerakan orang
lain dalam arti umum
3) Leading, yakni menggerakan orang lain
dengan cara menepatkan diri di muka orang
yang digerakan, membawa mereka ke suatu tujuan tertentu serta memberikan contoh
– contoh
4) Commanding, yakni menggerakan orang
lain disertai unsure paksaan
5) Motivating, yakni menggerakan orang
lain dengan terlebih dahulu memberikan alas an – alasan mengapa hal itu harus dikerjakan.
Menurut arifin dalam umar (2000) Banyak
arti yang dikemukan para ahli manajemen mengenai actuating (penggerakan) yaitu
suatu usaha menggerakan orang atau orang – orang untuk suka dan dapat bekerja
untuk mencapai tujuan yang telas ditetapkan secara efektif dan efisien. Dan
beberapa hal yang berkaitan dengan actuanting yaitu : (a) fungsi penggerakan
(b) relationship (c) kominikasi (d) kepuasan kerja (e) motivasi (f) konflik (g)
kepemimpinan.
Actuanting dalam manajemen
memaparkan bahwa penggerakan orang lain mempunyai dan tujuan tertentu
serta menumbuhkan kepemimpinan yang baik. Komunikasi dan rentang kendala
menjadi suksesnya penggerakan ini, serta dapat dilihat dari kepuasan, motivasi
dn kadar konflik para bawahan.
Dalam hal ini penting sekali
manajemen, yaitu penggerakan(actuating) memaparkan bahwa menggerakan orang lain
mempunyai fungsi dan tujuan tertentu serta menumbuhkan kepemimpinan yang baik.
Kominikasi dan rentang kendali menjadi sangat penting dalam suksesnya
penggerakan, misalnya dilihat melalui kepuasan, motivasi dan kadar para
bahawahan.
(1) Fungsi
penggerakan yaitu :
(a) seseorang (orang – orang) supaya
bersedia menjadi pengikut
(b) Menaklukan daya tolak seseorang (orang
– orang)
(c) Membuat
seseorang atau orang – orang suka mengerjakan tugas dengan lebih baik
(d) Mendapatkan,
memelihara dan memupuk kesetiaan pada pemimpin, tugas dan organisasi tempat
mereka bekerja
(e) Menanamkan,
memelihara dan memupik rasa tanggung jawab seseorang atau orang – orang
terhadap Tuhannya, Negara dan masyarakat.
(2) Pengertian
kepemimpinan
Kepemimpinan merupakan suatu proses mengenai pengarahan dan
usaha untuk mempengaruhi kegiatan yang berhubungan dengan anggota kelompok.
(3) Komunikasi
Mengkomunikasikan sesuatu, baik ke
atas, ke bawah maupun kesamping, memiliki cara sendiri. Untuk komunikasi ke
bawah yang harus perlu dikuasi yaitu : (a) memberikikan perhatian penuh pada
bawaham, (b) menggunakan pertanyaan terbuka, (c) medengarkan pertanyaan –
pertanyaan terbuka dll. Sedangkan untuk komunikasi ke atas, bawahan dengan cara
: (a) melaporkan dengan segera setiap perubahan, (b) menyusun informasi sebelum
dilaporkan, (c) memberikan keterangan selengkapnya dll.
(4) Hubungan
(relationship)
Hubungan dalam organisasi berkaitan
dengan (span of control) yang diperlukan organisasi. Disebabkan keterbatasan
yang dimiliki manusia seperti para atasan. Rentang kendali adalah jumlah
bawahan langsung dapat dipimpin dan dikendalikan secara efektif oleh atasan.
(5) Kepuasan
kerja
Kepuasan kerja didefinisikan
sebagai peneilian atau cerminan dari perasaan pekerja terhadap pekerjaannya.
(6) Motivasi
Motivasi merupakan daya penggerak
yang memotivasi semangat kerja yang terkandung dua harapa yaitu teori harapan
dan teori keadilam
(7) Konflik
Konflik merupakan perselisihan atau perjuangan di antara dua
pihak, ditandai dengan sikap permusuhan terbuka atau sengaja menganggu
pencapaian tujuan pihak lawan.
Untuk memperoleh keuntungan, badan usaha harus mengelola
sumber daya produksi secara efisien dan efektif dengan prinsp – prinsip
manajemen actuanting seperti : (a) fungsi manajemen yang bias digunkan untuk
mencapai badan usaha adalah perencanaan, pengorganisasian,motivasi dan
pengawasan. (b) fungsi operasional berkaitan dengan aktifitas badan usaha yang
harus bias mengelola dengan baik unsure personalia, produksi, pemasaran dan
pembelajaan. (Alam, 2007)
Daftar pustaka
Umar, H. (2000) Business an introduction. Jakarta : PT Gramedia utama.
M. S & ranggabawono, I.
(2006) ekonomi SMA kelas XII. Jakarta
: Quadara
Alam, S. (2007) ekonomi kelas XII. Jakarta : erlangga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar