Rabu, 19 Januari 2011

MBAH MARIJAN (ROSO ROSO)

MBAH MARIJAN
(ROSO ROSO)

Suatu ketika gunung merapi tepatnya di daerah sleman DIY (2006), sedang mengalami guncangan hebat dan mendekati level waspada para penduduk di sarankan untuk mengngungsi ke derah tempat yang lebih aman karena aktivitas gunung tersebut sedang mengeluarkan kabut yang sangat tebal namun di tengah tengah keramean kota Jogja yang sedang dilanda bencana itu terdapat sosok kakek yang menolak untuk di ungsikan dan warga biasa menyebutnya “ Mbah Marijan “. Beliau adalah juru kunci gunung merapi yang di percayai oleh warga sekitar sleman jogja. Berbagai upaya membujuk sang juru kunci tersebut sudah di upayakan namun Mbah marijan tetap teguh dengan pendirianya agar tetap di rumahnya dan menjaga gunung tersebut bahwa beliau yakin gunung tersebut tidak akan meletus dan mbah marijan berkata “ gunung merapi tidak akan meletus hanya saja kita diingatkan untuk lebih taat kepada sang kuasa” di sisi lain warga yang takut dengan aktivitas gunung yang semakin hari mengeluarkan kabut dan semburan lahar panas yang biasa disebut warga wedus gembel. Akhirnya warga pun mengungsi. Namun sebagian masyarakat yang masi percaya adat masih bertahan di rumahnya karena beliau lebih mempercayai juru kunci merapi dibandingkan dengan ilmu tehknolgi semakin hari semakin menunjukan aktivitas gunung tersebut. Mbah Marijan selalu senantiasa melakukan kewajibannya sebagi umat islam dengan sholat dan berdoa meminta petunjuk agar tidak terjadi apa – apa. Mbah marijan pun menyarankan kepada warganya untuk mengusi, namun sebagian warga masih tetap bertahan jika mbah marijan mengungsi warga pun akan ikut mengungsi tetapi mbah marijan masi dengan prinsipnya akan tetap setia menjaga gunung merapi sekali roso tetap roso. Keadaan merapi semakin hari menunjukkan aktivitasnya dan mengalami perubahan yang tadinya sering mengeluarkan kabut tebalnya dan sekarang mulai berkurang berserta muntahan material yang di dalam gunung tersebut tidak begitu separah sebelumnya.
Masyarakat DIY pun khuawatir dengan rumah dan ternak – ternaknya karena selama di pengungsian peliharan binatang warga tidak ada yang memberi makan hingga warga memutuskan untuk kembali kerumahnya dan memastikan keadaan rumah beserta peliharaan mereka.
Aktivitas gunung merapi pun dikatakan normal kembali hingga warga jogja di izinkan pulang karena sudah tidak membahayakan lagi. Warga senang karena bisa kembali kerumahnya, ternyata ramalan mbah marijan pun dipercayai oleh masyarakat DIY karena beliau telah membuktikan bahwa gunung merapi tidak akan meletus dengan keberanian beliau. Beliau diberi penghargaan karena keberanianya untuk menjaga gunung merapi tidak disitu juga mbah marijan pun ditawari kontrak sebuah minuman untuk mejadi iconnya karena keberanian beliau. Hingga masyarakat pun mengenali sosok seorang mbah marijan yang pemberani yang mempertahankan prinsipnya, ketenaran pun di dapat oleh mbah marijan namun mbah marijan masi saja baik dan santun beserta tidak sombong dan masi tersenyum dengan cirri khasnya. Beserta slogan yang sering di ucapkan mbah marijan. Yaitu SEKALI ROSO TETAP ROSO.

Jumat, 07 Januari 2011

Psikologi Komputer Masa Depan

TUGAS MATA KULIAH

SOFTSKILL

NAMA : SITI UTAMI

NPM : 13509449

JURUSAN : PSIKOLOGI

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS GUNADARMA 2011

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT. Yang telah melimpahkan rezekinya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan makalah Softskill ini. Dan mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini terutama pada dosen Softskill yang telah memberikan tugas, orang tua yang telah memberi support kepada saya sehingga dpat menyelasaikan tugas ini dengan baik. Makalah ini disusun dan dibuat berdasarkan materi – materi yang ada. Materi – materi bertujuan agar dapat menambah pengetahuan dan wawasan siswa dalam belajar teknologi informasi dan komunikasi. Mudah-mudahan dengan mempelajari makalah ini, para Mahasiswa akan mampu menghadapi masalah-masalah atau kesulitan-kesulitan yang timbul dalam belajar Teknologi Infomasi dan Komunikasi dan juga Psikologi. Dan dengan harapan semoga Mahasiswa mampu berinovasi dan berkreasi dengan potensi yang dimiliki,


Penulis

i

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR……………………………………………………………i

DAFTAR ISI…………………………………………………………………….ii

BAB I PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG…………………………………………………..1

B. RUMUSAN MASALAH………………………………………………..4

C. TUJUAN………………………………………………………………...4

BAB II PEMBAHASAN

A. PERKEMBANGAN KOMPUTER….………………………………….5

B. DAMPAK PENGGUNAAN KOMPUTER…………………………….5

BAB III PENUTUP

PENUTUP………………………………………………………………….12

DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………13

ii

BAB I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH

Kehadiran teknologi internet yang semakin canggih telah merubah gaya hidup manusia dan tuntutan pada kompetensi manusia. Kini kehidupan manusia semakin tergantung pada komputer. Hal-hal berikut menggambarkan besarnya keterlibatan teknologi informasi dalam kehidupan manusia.

1. Produk yang digerakkan sistim komputer.Di masa depan produk-produk kebutuhan hidup manusia sehari-hari akan menjadi produk yang cerdas (smart product). Produk yang cerdas adalah produk yang telah memiliki komponen inteligensi manusia. Produk yang demikian bisa membantu manusia untuk melakukan hal terbaik bagi kehidupannya. Berikut ini berbagai contoh produk yang cerdas.

a. Mobil yang cerdas (smart car). Mobil masa depan tidak bisa dihidupkan bila supirnya mabuk. Bau alkohol yang keluar dari mulut supir akan menutup sistim kerja mesin mobil. Kalau mobil rusak, sistim komputerakan memberi tahu bagian mana saja yang rusak. Layar monitor dalam mobil memberi tahu daerah yang macet lalu lintasnya.
b. Kartu yang cerdas (smart card). Berbagai kartu yang ada (ATM, SIM, KTP, Asuransi, Kesehatan, dll) akan dihimpun dalam satu kartu saja. Selain itu kartu bisa digunakan untuk berbagai fungsi lain, misalnya untuk kunci mobil, kunci rumah, dll.
c. Rumah yang cerdas ( smart house). Rumah bisa diperintah untuk melaksanakan sendiri tugas-tugas seperti, menentukan suhu ruangan, menghidupkan mesin air di bak mandi di saaat pemilik rumah dalam perjalanan menuju rumah, memberi makanan buat kucing/anjing, menghidupkan dan mematikan kompor, menutup pintu dan garasi, mengecek persedian makan di kulkas, dll.

1

d. Jalan yang cerdas (smart road). Jalan bisa memberi tahu pengendara mobil kalau ada kecelakaan di depan. Selain itu ia bisa mengingatkan bahaya kecelakaan jika jarak antar mobil yang di depan dan di belakang terlalu dekat.

2. Perancangan produk dikelola oleh komputer. Sistim komputer yang sudah menjadi net-worked intelligence akan memudahkan kehidupan konsumen. Melalui internet pembeli dapat menghubungi berbagai perusahaan yang menawarkan produk. Di masa depan produk yang akan dibeli dirancang sendiri oleh konsumen. Pembeli rumah bisa merancang sendiri bentuk rumahnya, jumlah kamar, susunan kamar, serta asesoris yang diperlukannya. Pembeli sepeda dapat merancang sendiri bentuk sepeda yang diinginkannya berdasarkan pilihan komponen yang tersedia dalam komputer. Akan ada butik roti (bakery boutique) yang memungkinkan konsumen untuk membuat sendiri komposisi gizi di dalam rotinya. Komputer yang dimiliki perusahaan pembuat produk telah memasukkan komponen produk seperti komponen kecil dalam permainan lego. Berdasarkan pilihan komponen yang tersedia rancangan produk dapat dibentuk sendiri oleh pembelinya.

3. Proses kerja yang digerakkan oleh computer Tersedianya fasilitas intranet dan internet memungkinkan orang bekerja dari mana saja. Orang bisa berhubungan dengan kantornya dari rumah, dari pesawat, dan dari kamar hotel. Pekerjaan dapat dilakukan dari jarak jauh. Kantor menjadi maya (virtual). Bank tidak perlu lagi mempunyai karyawan terlalu banyak karena transaksi dilayani secara elektronik. Kini semakin banyak bank maya (virtual bank). Kondisi yang demikian ini menyebabkan jumlah ruangan kerja yang dibutuhkan semakin menciut dan penghematan biaya kantorpun dapat dilakukan. Kini orang dapat berbelanja dari rumah melalui internet. Barang dapat dikirim langsung ke pembeli oleh produsen. Kini posisi para agen, distributor, wholesaler makin terancam. Penengah (mediator) antara produsen dan konsumen makin tidak diperlukan, karena konsumen dapat langsung berhubungan dengan produsen. Biro perjalanan semakin tersaingi oleh internet, karena orang dapat memesan langsung tiket pesawat, tiket kapal laut,tiket kereta api, atau tiket bis pada perusahaan transportasi.

2

Pembayaran cukup dibayar dengan kartu kredit, dan tiket bisa diambil di bandar udara.

4. Komputer menjadi sarana komunikasi efektif. Kehadiran bisnis internet telah merubah pola komunikasi. Kiriman surat semakin berkurang karena orang lebih banyak berkirim surat dengan e-mail. Orang sekarang bisa mengobrol dari dalam kamarnya dengan siapa saja tanpa batas ruang dan waktu. Program internet relay chatting (IRC) yang tersedia dalam komputer bisa diakses dengan internet, dan sipemakai bisa menghubungi siapa saja, apakah teman chatting berasal dari kota yang sama, atau di kota lain di seluruh dunia.
Internet semakin mengurangi pengggunaan mesin faksimili, karena dokumen dapat dikirim dalam waktu yang sangat cepat dengan e-mail. Dokumen dapat dikirim pada banyak orang diseluruh dunia. Penghematan yang sungguh luar biasa, dari segi waktu, biaya dan tenaga.

5. Komputer sebagai pusat informasi. Tersedianya website yang bisa diakses melalui internet telah membuat komputer sebagai suatu pusat informasi. Komputer yang terhubungi oleh internet menjadi guru buat semua orang. Hampir semua jenis informasi bisa dicari dari internet. Kini pengguna komputer dapat menambah pengetahuannya dalam berbagai bidang disiplin ilmu dengan mudah. Di beberapa perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri, sudah banyak dosen yang menyimpan catatan kuliah, artikel jurnal, dan bahan bacaan lainnya di dalam homepage pribadi mereka. Mahasiswa dapat dengan leluasa membuka homepage tersebut dan membaca serta mencetak artikel untuk keperluan studi mereka.

Masih banyak lagi hal-hal lain yang merupakan dampak internet dan teknologi komputer pada kehidupan manusia yang terlalu panjang untuk diuraikan dalam tulisan ini.

3

B. PERUMUSAN MASALAH

Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalahnya yang akan dibahas adalah Psikologi yang Berkaitan dengan Internet.

C. TUJUAN

Untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Softskill.

4

BAB II

PEMBAHASAN

Perkembangan Komputer

6184perkembangan-komputer

Perkembangan komputer untuk mencapai keadaan yang sekarang memerlukan proses yang sangat amat panjang. Berikut ulasan tahapan yang dapat menerangkan hal tersebut:

Dampak kemajuan Komputer

Perkembangan komputer untuk mencapai keadaan yang sekarang memerlukan proses yang sangat amat panjang. Berikut ulasan tahapan yang dapat menerangkan hal tersebut:

5

1. Generasi Pertama Perkembangan Komputer

Pada tahap pertama ini, perkembangan komputer mendapatkan faktor dorongan positif dari meletusnya perang dunia ke-dua. Dengan kata lain, pihak militer yang berperang sadar betul bahwa dengan mengadakan riset terhadap komputer maka akan mendatangkan kemajuan teknologi untuk suatu kemenangan perperangan. Mereka sadar betul dengan kemampuan potensial yang dimiliki oleh komputer. Oleh karena itu pada

masa itu banyak tersedia dana yang sengat berlimpah untuk penelitian perkembangan komputer.

Dampak dari tersedianya dana yang melimpah ini sangat signifikan, hal ini terlihat dengan ditemukannya jenis komputer yang diberi nama “K3″ untuk mendesain pesawat dan peluru kendali, oleh konrad Zuse, 1941 seorang ilmuwan Jerman. Kemudian tak mau kalah imuwan Inggris pada tahun 1943 dengan tujuan untuk mengalahkan Jerman, berhasil menemukan mesin komputer yang diberi nama Colossus yang didesain untuk memecahkan kode-kode sandi dari tentara Jerman. Colossus inilah merupakan salah satu alat penting yang menjadi modal kemenangan Sekutu atas Jerman pada perang dunia II. Namun sayangnya lahirnya Colossus tidak berpengaruh besar terhadap perkembangan dunia komupeter waktu itu, hal ini disebabkan oleh sifat karakterisitik dari Colossus itu sendiri yang bersifat tidak komputer serba-guna (general purpose computer) yang dimana hanya dirancang untuk memecahkan kode-kode rahasia Jerman dan kerahasian keberadaannya dijaga hampir satu dekade karena alasan keamanan untuk mencegah meletusnya perang kembali.

6

Dari pihak Amerika terus melakukan penelitian komputer untuk terus tetap berkembang. Pada tahun 1900 s.d 1973, seorang insinyur dari Harvard Howard H. Aiken dengan bekerja sama dengan IBM berhasil menciptakan kalkulator elektronik dengan panjang

setengah lapangan bola kaki dan mempunyai panjang kabel total 500 mil untuk proyek US Navy yang diberi nama Mark I.

Setelah Mark I lahir, kemudian tercipta komputer yang bersifat serba guna (general purpose computer) yang dibuat oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W.Mauchly (1907-1980) yang diberi nama ENIAC. ENIAC berhasil dibuat dengan prakarsa kerja-sama Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. ENIAC sendiri merupakan kepanjangan dari Electronic Numerical Integrator and Computer. ENIAC dapat bekerja dengan kecepatan 1000 kali lebih cepat dibandingkan dengan Mark I.

Walaupun Colossus tidak boleh disentuh, beberapa penelitian tidak berhenti sampai disitu! Diawali pada pertengahan tahun 1940, tim University of Pennsylvania dan John von Neumann (1903-1957) memiliki konsep besar untuk memproduksi komputer dengan kapasitas yang dapat digunakan dalam 40 tahun ke-depan! Dari kerja-sama tim ini terciptalah pada akhit tahun 1945, komputer yang diberi nama Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC). Inti besar dari nilai potensial keberhasilan dari EDVAC adalah adanya unit pemrosesan sentral (CPU). Hal ini membuat komputer dapat dikontrol dan dikendalikan dengan sumber tunggal. Selain itu EDVAC memiliki memori untuk menampung program ataupun data. Sehingga hal ini memungkinkan komputer untuk dapat berhenti pada suatu waktu tertentu dan kemudian dapat dapat diatur untuk dapat melanjutkannya kembali. EDVAC mendorong tumbuhnya industri komputer komersial, oleh karena itu tak heran pada tahun 1951, lahirlah merek UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan prinsip kerja EDVAC, yang dilakukan oleh Remington Rand.

7

Dari uraian diatas terlihat bahwa perkembangan komputer generasi pertama umumnya dirancang untuk mengerjakan suatu tugas spesifik tertentu dimana hal ini dicirikan dengan adanya program kode-biner yang sangat berbeda (machine language). Hal ini

membuat sistem kerja generasi komputer pertama sangat dibatasi. Kemudian komputer dari generasi pertama biasanya terdapat penggunaan tube vakum (sehingga membuat ukuran komputer sangatlah besar) dan untuk penyimpanan datanya menggunakan silinder magnetik.

2. Generasi Ke-dua Perkembangan Komputer

Pada tahap ini sangat dipengaruhi dengan adanya penemuan transistor pada tahun 1948. Dengan adanya penemuan transistor ini sangat mempengaruhi untuk menggantikan fungsi tube vakum dalam televise, radio, dan tentunya pada komputer. Secara resmi transistor mulai digunakan di dalam komputer sejak tahun 1956. Hal ini sangat mempengaruhi dari hasil ukuran sebuah komputer dibandingkan jika masih menggunakan tube vakum. Pengecilan ukuran komputer semakin dipercepat dengan adanya penemuan lainnya seperti perkembangan dan pengembangan memori inti magnetik. Beberapa produk yang menggunakan teknologi ini adalah komputer produksi IBM dengan skema peluncuran bertahap seperti Strecth dan tak mau kalah Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC dll. Perkembangan komputer dengan tujuan komersial semakin terlihat di tahun 1960, dengan ditandainya suksesnya bermunculan komputer untuk di bidang bisnis, pemerintahan dan pendidikan. Pada saat itu juga bermunculan aksesoris pendukung seperti printer, disket, program dll.

8

Perkembangan yang dipaparkan pada paragraph sebelumnya juga turut mendukung untuk lahirnya bahasa pemograman yang dapat dipelajari seperti FormulaTranslator (FORTRAN) dan Common Business-Oriented Language (COBOL). Industi komputer mulai berkembang pesat pada masa perkembangan komputer generasi ke-dua. Selain itu pada masa ini juga merupakan awal untuk munculnya bidang kerja baru seperti ahli sistem komputer, programer (ahli program) dan analisis data

3. Generasi Ke-tiga Perkembangan Komputer

Inti dari pada tahap generasi ke-tiga adalah pada tahun 1958 ditemukannya IC (Intergrated Circuit). Penemuan IC dilatarbelakangi oleh tidak puasnya pada kerja transistor dimana ketika digunakan didalam komputer akan menghasilkan panas yang sangat besar sehingga dapat merusak komponen yag lainnya. IC terbuat dari quarsa rock (batu quarsa) yang ditemukan oleh seorang ilmuwan ahli instrument dari Texas, Jack Kilby. Hal ini-pulalah yang mendorng penemuan-penemuan penting sehingga suatu chip dapat mewakili beberapa komponen yang dibutuhkan oleh komputer. Akibatnya komputer terlihat lebih bersahabat dan nyaman ketka digunakan karena ukurannya yang semakin mengecil.

4. Generasi Ke-empat Perkembangan Komputer

Untuk perkembangan komputer pada generasi ini mungkin sudah dapat disekitar lingkungan kita. Penemuan IC yang spektakuler sebelumnya membuat perkembangan dunia komputer berkembang dengan pesat. Hal ini dengan ditandai dengan ditemukan komponen yang lebih unggul dibandingkan IC beserta turunannya.

9

Komponen yang dimaksud adalah seperti dengan berhasil diproduksinya suatu komponen yang dapat mewakilki beberapa komponen (kapasistanya lebih unggul dari pada IC) yaitu Large Scale Integration (LSI) dimana dapat memuat ratusan komponen dalam hanya sebuah chip. Tak selang berapa lama (1980) kemudian juga ditemukan produk turunannya yaitu 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) yang memiliki kemampuan luar biasa untuk dapat memuat ribuan komponen hanya dalam sebuah chip

tunggal. Dan mungkin Ultra-Large Scale Integration (ULSI) yang memiliki kemampuan yang lebih luar biasa untuk dapat meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.

Dengan adanya penemuan diatas diharapkan akan berdampak pada penekanan biaya pembuatan komputer sehingga harga komputer-pun akan semakin lebih murah dan terjangkau oleh masyarakat tingkat menengah ke bawah. Salah satu contoh produk dipasaran yang mungkin sering pernah kita dengar sampai sekarang adalah Chip Intel 4004 yang dibuat pada pertengahan tahun 1971. Hal ini lah awal mulanya komputer dibuat dan disain untuk keperluan komersial yang dapat terjangkau untuk semua pihak.

5. Generasi Ke-lima Perkembangan Komputer (Komputer Masa Depan)

Baik, pada perkembangan komputer untuk masa ke-lima ini memang sangat susah. Karena masih dalam sebatas imajinasi. Mungkin bagi Anda yang membaca tulisan ini pernah menonton film berjudul “2001:Space Odyssey” karya dari Arthur C. Clarke. Dalam film tersebut merupakan gambaran komputer masa depan yang mungkin masih dalam imajinasi dalam pikiran kita. Dalam film tersebut komputer dapat diprogram sehingga dapat mendekati pemikiran manusia. Yang lebih parah dalam film tersebut komputer mampu untuk memprogram dirinya sendiri sehingga bisa saja mungkin pemikirannya mengalahkan pemikiran manusia.

10

Meskipun gambaran visual yang ditayangkan dalam komputer tersebut masih jauh dari pemikiran kita dan realita, namun tanda-tanda untuk mewujudkan itu semua sudah terlihat. Sejauh ini telah ada komputer yang dapat diprogram untuk dapat merespon printah secara lisan maupun nalar manusia.

Dewasa ini telah banyak kemajuan teknologi untuk mendukung perkembangan teknologi komputer. Diantaranya telah ditemukannya kemampuan pemrosesan parallel dimana direncanakan untuk menggantikan model non Neumann! Dimana sistem pemrosesan parallel itu akan mampu bekerja mengkoordinasikan banyak CPU untuk secara serempak. Selain itu juga telah ditemukan teknologi superkonduktor, sehingga dapat menghantarkan informasi lebih cepat dibandingkan dengan teknologi yang digunakan sebelumnya. Apapun yang terjadi, yang jelas secanggih apapun kemampun sebuah komputer tidak akan bisa mengalahkan kemampuan yang membuatnya, yaitu pikiran manusia.

sisi negatif penggunaan komputer tak juga bisa diabaikan. Salah satunya adalah dari kemungkinan anak, kemungkinan besar tanpa sepengetahuan orangtua, ‘mengkonsumsi’ games yang menonjolkan unsur-unsur seperti kekerasan dan agresivitas. Banyak pakar pendidikan mensinyalir bahwa games beraroma kekerasan dan agresi ini adalah pemicu munculnya perilaku-perilaku agresif dan sadistis pada diri anak.

Akses negatif lewat internet Pengaruh negatif lain, adalah terbukanya akses negatif anak dari penggunaan internet. Mampu mengakses internet sesungguhnya merupakan suatu awal yang baik bagi pengembangan wawasan anak. Sayangnya, anak juga terancam dengan banyaknya informasi buruk yang membanjiri internet.

Meski demikian, mengajarkan internet bagi anak di zaman sekarang merupakan hal penting. Hanya saja, demi mencegah dampak negatifnya, ada beberapa hal yang harus dilakukan orangtua.

11

BAB III

PENUTUP

sisi negatif penggunaan komputer tak juga bisa diabaikan. Salah satunya adalah dari kemungkinan anak, kemungkinan besar tanpa sepengetahuan orangtua, ‘mengkonsumsi’ games yang menonjolkan unsur-unsur seperti kekerasan dan agresivitas. Banyak pakar pendidikan mensinyalir bahwa games beraroma kekerasan dan agresi ini adalah pemicu munculnya perilaku-perilaku agresif dan sadistis pada diri anak.

Akses negatif lewat internet Pengaruh negatif lain, adalah terbukanya akses negatif anak dari penggunaan internet. Mampu mengakses internet sesungguhnya merupakan suatu awal yang baik bagi pengembangan wawasan anak. Sayangnya, anak juga terancam dengan banyaknya informasi buruk yang membanjiri internet.

Meski demikian, mengajarkan internet bagi anak di zaman sekarang merupakan hal penting. Hanya saja, demi mencegah dampak negatifnya, ada beberapa hal yang harus dilakukan orangtua.

12

DAFTAR PUSTAKA

http://nugrohoadi2ka12.wordpress.com/2010/10/06/dampak-kemajuan-komputer/

http://herrysanada.blog.upi.edu/2009/09/30/dampak_komputer/

http://go-kerja.com/perkembangan-komputer/

13

Senin, 03 Januari 2011

Bahaya Otak Tengah

Perkembangan dari metode otak tengah ternyata tidak begitu menguntungkan karena di sisi lain otak tengah terdapat bahaya yang merugikan terhadap diri sendiri karena bisa mengakibatkan mental stres ( tekanan mental) dan berbagai stres lain yang akan memicu gangguan irama jantung dan kematian menurut tulisan ilmiah 2005 yang lalu. Sampai saat ini belum ada pemberitahuan secara ilmiah apakah otak tengah dapat diaktifkan untuk meningkatkan kecerdasan seseorang atau tidak atau akan membahayakan yang menggunakan metode tersebut.
Kata lain dari otak tengah yaitu Mesencephalon yang berati dimana bagian otak terletak antara forebrain dan hindbrain atau terletak anatara depan (besar) dengan otak belakang. Pengunghubung antara otak kiri dan kanan yaitu Corpus Callosum. Sistem limbic merupakan sistem control emosi dan hormon sehingga proses belajar dapat dilakukan secara simultan.
Dalam tulisannya, Lely Setyawati Kurniawan, seorang Psikiater dari Denpasar, Bali, menyebut kondisi seperti yang dialami oleh anak-anak di atas sebagai awareness, yakni suatu kondisi mental penuh kewaspadaan. Kondisi awareness yang berlebihan akan membuat seseorang mengalami berbagai gangguan kejiwaan, berupa gejala yang ringan berupa Gangguan Cemas Menyeluruh, sampai tipe berat berupa Gangguan Paranoid.
Sebagai ilmuwan, praktisi hipnoterpi,dan pakar past life regression, Richard Claproth, Ph,D, denga berani dan tegas menyatakan:
AKTIVASI "OTAK TENGAH" SANGAT BERBAHAYA
anak berkembang menjadi " monster" dan genius palsu. Bila tak waspada, orang tua justru mengorbankan masa depan anaknya sendiri.
Kondisi awareness tersebut muncul setelah otak tengah anak-anak tersebut diaktivasi dengan suatu cara tertentu, seperti memperdengarkan alunan musik klasik dan instrumentalia lainnya, gerakan-gerakan tubuh, menciptakan suasana tertentu, dan lain-lain, kemudian ditambah juga dengan program neuro-linguistik (NLP) yang disisipkan demi sebuah proses aktivasi yang nantinya mengarah pada suatu keadaan extra sensory perception (ESP).
Penelitian Peter D. Larsen, Sheng Zhong, dkk. (2001,Tulisan Hugo D. Critchley, Peter Taggart dkk. (2005)berbagai penelitian sudah memberitahukan tentang dampak bahayanya aktivasi otak tengah. Dan hingga saat ini belum ada satupun publikasi ilmiah yang menyatakan bahwa aktivasi otak tengah meningkatkan kecerdasan manusia, apalagi meng-upgrade-nya menjadi jenius.




http://www.wikimu.com
http://gramediajember.com

Minggu, 02 Januari 2011

Aktivasi Keuntungan Dari Otak Tengah

Di jaman yang semakin modern ini banyak sekali teknologi dan berbagai penemuan produk yang semakin canggih gunanya untuk mempermudah berbagai pekerjaan dan seperti halnya dengan ilmu pengetahuan yang baru - baru ini dibicarakan seperti cara mengaktivasi otak tengah metode ini banyak yang meragukan karena di Indonesia belum mengenal metode ini karena dianggap suatu hal yang magis atau menganggap unsur supranatural. Tetapi pengertian itu lambat laun ditepis oleh masyarakat.
Dan masyarakat hanya tau aktivasi otak kiri dan kanan mereka belum mengetahui dari keuntungan otak tengah. Fungsi dari otak kiri itu sendiri yaitu yang bertanggung jawab terhadap IQ seseorang dan otak kanan yaitu bertanggung jawab terhadap emosi (EQ) sedangkan Otak tengah itu sendiri dapat meningkatkan daya ingat, daya tangkap dan konesntrasi seseorang. Karena otak tengah dilakukan dengan ilmiah yaitu aktivasi otak tengah yang mempergunakan gelombang otak Alpha.
Gelombang otak Alpha terbukti secara ilmiah adalah otak yang muncul dominan pada saat kita dalam keadaan santai dan paling kreatif. Gelombang otak tengah biasanya dominan pada saat kita bangun tidur atau keadaan santai atau bahkan sedang berendam air panas. Aktivasi otak tengah dipancarkan oleh gelombang otak yang mirip seperti radar. Contohnya kita bisa melihat benda dengan mata tertutup atau berjalan dengan mata tertutup dan berbagai macam.Cara ini pertama kali di Indonesia di gunakan oleh Dedy cobuser dalam atraksi mengendarai sepeda motor dengan mata tertutup tanpa menabrak sesuatu kemudian banyak pesulap - pesulap yang menggunakan otak tengahnya untuk mempertujukan atraksi mereka.
Untuk mengasah otak tengah sebaiknya dilakukan pada saat umur di 5 - 15 thn karena mental blocknya sudah terbangun bahkan didalam janin yang disebut Choline yang berperan sebagai penyampai sinyal dari luar ke dalam sel. Dalam otak Choline merupakan bahan pembentuk Sphyngomyelin yang dibutuhkan untuk Myelinasi otak janin. Jika otak tengah dilatih dengan teratur dapat membuat si anak lebih kuat dan mampu melihat benda yang terletak lebih tinggi. Bahkan hingga 360 derajat.Dan mampu mendeteksi benda yang terletak dibelakang, atas dan berbagai arah. Gelombang tersebut terletak dibawah hidung gunanya untuk mendeteksi sesuatu yang terletak dibawah hidung.
Di Indonesia sekarang telah mulai dilakukan Traning aktivasi otak tengah, traning aktivasi yaitu meningkatkan kemapuan afeksi, motorik, dan kognisi. Contoh dari afeksi yaitu lebih santuh kepada orang tua & saudara kandung dalam berkomunikasi. Traning biasanya dilakuakan selama 2 hari dan pada saat itu biasanya dilakuakan oleh orang tua. Seperti di bidang keahlian lainya, orang tua berperan besar untuk dapat membantu anak dalam mengembangkan potensi otak tengah mereka.

Keuntungan Dari Otak Tengah
- Cerdas secara Intelegensi
- Penyayang & santun
- Dapat Meningkatkan Percaya diri
- Dapat Meningkatkan Konsentrasi
- Dapat Meningkatkan Memori
- Dapat Meningkatkan Kreatifitas
- Dapat Mengontrol Emosi
- Meningkatkan Prestasi

Motode ini pertama kali ditemukan oleh jepang pada 40 tahun yang lalu. Jepang dan Rusia mempunyai cara aktivasi otak tengah mereka sendiri namun cara mereka masih disembunyikan dikarenakan sebagai rahasia negara. Berbeda dengan malaysia beberapa tahun terakhir Malaysia menemukan cara yang modern untuk mengaktifkan otak tengah rahasia itu disebarkan dengan cara komersial. Setelah itu beberapa negara pun mengikuti metode itu. Dan Tom Har adalah seorang tokoh NLP yang menemukan rangsangan audio visual untuk mengaktifkan otak tengah.




http://pondokibu.com/
http://gmcsurabaya.com/manfaat-aktivasi-otak-tengah/
http://trainingaktivasiotaktengah.publishing-intl.com/